Saturday, July 30, 2011

Periode Pertumbuhan gigi

 
Gigi Susu dan Gigi Tetap
Gigi susu adalah gigi yang pertama kali tumbuh pada masa bayi, sering juga disebut gigi sulung,gigi sementara,atau gigi desidui.Penamaan gigi susu diberikan karena gigi berwarna putih seperti susu. Gigi ini berjumlah 20 buah dengan jenis gigi seri,taring dan geraham,sedangkan gigi tetap ada dua jenis gigi geraham,yakni geraham kecil dan geraham besar.Gigi tetap jika lengkap atau muncul semua berjumlah 32.
Perbedaan gigi susu dan gigi tetap adalah gigi susu berwarna lebih putih dan relatif berukuran kecil dibandingkan gigi tetap. Gigi susu satu dengan lainnya memiliki letak renggang di dalam rongga mulut karena sebagai persiapan tempat gigi tetap yang berukuran lebih besar.Sehingga gigi tetap rapat satu sama lain.
Pergantian dapat digolongkan menjadi 3 periode berbeda,yaitu periode gigi susu( 0-5 tahun ),periode gigi bercampur (6-14 tahun ),periode gigi tetap (di atas 14 tahun).
 

gigi geligi susu
Gigi susu lengkap terdiri dari : 
8 gigi seri (insisivus )atas-bawah, 
4 gigi taring (canine) atas-bawah, 
4 gigi geraham kecil kanan atas-bawah,
4 gigi geraham kecil kiri atas-bawah.

Kapan gigi bayi tumbuh???
Normal, bayi yang baru lahir tidak mempunyai gigi, walaupun benih gigi sudah ada jauh sebelum bayi dilahirkan. Bayi baru lahir tidak memerlukan gigi dalam mulutnya karena dietnya adalah makanan yang cair atau setengah cair.Tetapi ada kalanya bayi dilahirkan dengan sudah ada gigi-gigi seri (insisivus) rahang bawah. Gigi prematur ini lebih cepat tanggal karena perkembangan tidak sempurna dari akar sehingga tidak kuat. Gigi bayi mulai tumbuh pada usia 6 bulan dan pada usia 2 tahun gigi geligi susu sudah lengkap.Gigi susu merangsang pertumbuhan tulang rahang dan mempertahankan ruangan dalam lengkung gigi sebagai persiapan gigi permanen (yang menggantikan gigi susu). Juga menentukan posisi pertumbuhan gigi penggantinya.

Gigi susu digantikan gigi tetap atau gigi permanen
Berikut ini panduan perkiraan waktu tumbuhnya gigi susu ( menurut Lunt dan Law )

Tabel waktu tumbuh gigi susu


Gigi Tetap
Gigi tetap disebut juga gigi permanen, mulai terbentuk pada saat janin berumur 6 bulan dan mulai muncul di dalam rongga mulut saat anak berusia 6 tahun.Petumbuhan gigi pada periode bercampur akan diiukuti dengan terjadinya penambahan ukuran lebar lengkung rahang,sehingga gigi tetap yang muncul dapat tumbuh sesuai dengan lebar lengkung rahang tersebut. Apabila terjadi ketidaksesuaian gigi dan lebar lengkung rahang,bisa terjadi gigi yang tumbuh menjadi berjejal.

Waktu tumbuh gigi tetap pada rongga mulut


Sumber:
 -Anatomi Gigi cetakan II.1993.EGC
- Danarti,Dessy.2009.Gigiku sehat gigiku kuat.Penerbit ANDI.
- Maulani,chaerita.2005.Kiat merawat gigi anak.Jakarta:PT Elex Media Komputindo.


 

0 comments:

Post a Comment